Home » » Pengertian Komunikasi Serial dalam pertukaran data

Pengertian Komunikasi Serial dalam pertukaran data

Posted by Catatan TKJ on Sabtu, 11 Maret 2017



Pengertian Komunikasi Serial dalam pertukaran data



Komunikasi Serial
      
      adalah komunikasi dimana pengiriman data dilakukan per bit, sehingga lebih lambat dibandingkan komunikasi parallel seperti pada port printer yang mampu mengirim 8 bit sekaligus dalam sekali detak.

Ada 2 macam cara komunikasi data serial yaitu Sinkron dan Asinkron.

1. Komunikasi data serial sinkron, clock dikirimkan bersama sama dengan data serial,               tetapi clock tersebut dibangkitkan sendiri – sendiri baik pada sisi pengirim maupun               penerima. 

2. Komunikasi serial asinkron tidak diperlukan clock karena data  dikirimkan dengan                 kecepatan tertentu yang sama baik pada pengirim / penerima. 


Pengertian Port


    Port merupakan satu set perintah yang digunakan oleh komputer untuk memindahkan data dari atau ke perangkat lain, misalnya untuk berhubungan dengan keyboard, mouse, printer, modem, monitor dan sebagainya. Ada berbagai macam port, yaitu :
· Serial Port
· Pararel Port
· IDE
· SATA
· USB
· Ethernet
· Audio Codec
· PCI

Devais pada komunikasi serial ada 2 kelompok yaitu:

1.   Data Communication Equipment (DCE)
      Contoh dari DCE ialah modem, plotter, scanner dan lain lain

2.   Data Terminal Equipment (DTE)
      Contoh dari DTE ialah terminal  di komputer.

Keuntungan penggunaan port serial.

1. Pada komunikasi dengan kabel yang panjang, masalah cable loss tidak akan menjadi           masalah  besar daripada menggunakan kabel parallel. Port serial mentransmisikan “1”         pada level tegangan   -3 Volt sampai -25 Volt dan “0” pada level tegangan +3 Volt                 sampai +25 Volt, sedangkan port parallel mentransmisikan “0” pada level tegangan 0           Volt dan “1” pada level tegangan 5 Volt.

2. Dibutuhkan jumlah kabel yang sedikit, bisa hanya menggunakan 3 kabel yaitu saluran           Transmit Data, saluran Receive Data, dan saluran Ground (Konfigurasi Null Modem)

3. Saat ini penggunaan mikrokontroller semakin populer. Kebanyakan mikrokontroller               sudah  dilengkapi dengan SCI (Serial Communication Interface) yang dapat digunakan         untuk komunikasi dengan port serial komputer.

Thanks for reading & sharing Catatan TKJ

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan komentar yang bermanfaat