Home » » Pengertian Web Browser Lengkap Dengan Fungsi, Macam dan Sejarahnya

Pengertian Web Browser Lengkap Dengan Fungsi, Macam dan Sejarahnya

Posted by Catatan TKJ on Jumat, 24 Maret 2017






Hampir semua orang telah menggunakan internet, tidak sedikit orang yang berselancar di internet menggunakan suatu software tertentu yang bernama web browser.



Lalu apa sebenarnya pengertian web browser itu sendiri?


Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer. Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informative.
    Dengan menggunakan web browser, para pengguna internet dapat mengakses berbagai informasi yang terdapat di internet dengan mudah.

Bagaimana sejarah Web Browser ini?

Web Browser pertama kali adalah WorldWideWeb yang dibuat oleh Tim Benners-Lee, yang akhir nya diubah menjadi nexus. Kemudian tahun 1993, Marc Andressen melakukan inovasi web browser dengan menciptakan Mosaic yang saat ini banyak orang-orang menyebutnya dengan Netspace. Hal ini membuat sistem internet menjadi sangat mudah dipergunakan dan gampang untuk diakses orang banyak. Dan pada waktu itu sekitar tahun 1994, Netspace telah menjadi browser yang banyak dipergunakan didunia karena menguasai 90% dari seluruh pengguna web broser didunia.

Apa saja Web Browser yang banyak digunakan saat ini?


Mozilla Firefox


Fitur : Mendukung tabbed browsing yang memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa situs dalam satu jendela. Sesi penyimpanan juga merupakan fitur penting dari Firefox, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses kembali tab yang terbuka setelah ia telah menutup jendela browser.

Google Chrome


Fitur: Fitur utama yang menonjol adalah peringatan bahwa browser menunjukkan bila pengguna ingin untuk menelusuri situs malware dan phishing. Juga, ada pelacakan pengguna pilihan yang tersedia dengan Chrome.
Internet Explorer
Fitur: Ada reguler Microsoft IE update yang mendukung. Favicon memungkinkan gambar yang akan digunakan sebagai penanda. Mendukung Integrated Windows Authentication.

Opera


Fitur: Ini juga memiliki beberapa fungsi umum seperti zoom dan fit-to-width, konten memblokir, tab dan sesi, download manager dengan BitTorrent, dan gerakan mouse.

Safari


Fitur: Memiliki fitur seperti kanvas CSS, LiveConnect, XML 1.0, dan dukungan JavaScript, dan Cover Flow. 'Grammar Memeriksa' adalah menarik built-in fitur, yang melakukan pemeriksaan tata bahasa pada teks diketik dan memberikan saran untuk memperbaiki kalimat Anda jika salah. Juga, ada pencarian web resizable kotak pilihan yang tersedia.


Dan apakah fungsi dari Web Browser?


Caching


Bertujuan untuk mereduksi penggunaan bandwidth, mengurangi kesibukan web server, mencegah terjadinya lag. Dengan cara menyimpan data dan instruksi yang sering digunakan/diakses.

State Maintenance

Sebuah mekanisme untuk memastikan bahwa web browser tetap stabil baik untuk merequest ataupun untuk merespon.

Dealing with error condition

Handling atau penanganan error yang terjadi.

Requesting supporting data item

Mekanisme yang dilakukan untuk meminta item yang mendukung data yang diminta oleh user. Contoh: flash player plugin.

Thanks for reading & sharing Catatan TKJ

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan komentar yang bermanfaat