Home » , » Semua Tentang DDoS Attack

Semua Tentang DDoS Attack

Posted by Catatan TKJ on Kamis, 30 Maret 2017


Apa itu DDoS ?

DDoS : Distributed Denial of Service
DoS    : Denial of Service



Serangan/attack yang melibatkan suatu komputer dan koneksi internet untuk membanjiri sebuah server dengan paket TCP dengan tujuan untuk membuat bandwidth server menjadi overload, sehingga server tidak mampu untuk menangani trafik yang masuk dan server akhirnya down. DDoS attack adalah salah satu model dari DoS attack.

Apa saja gejala serangan DDoS ?
  • Kinerja jaringan yang menurun. Tidak seperti biasanya, membuka file atau mengakses situs menjadi lebih lambat dan berat.
  • Peningkatan jumlah email spam yang diterima sangat banyak. Tipe DoS yang ini sering disebut dengan “Mail Bomb”.
  • Banyak fitur pada sebuah website hilang.
    DDoS attack dimaksudkan untuk apa ?
    • Membuat sistem operasi menjadi crash atau hang.
    • Memaksimalkan kinerja processor, sehingga memblok intruksi yang lain.
    • Memanfaatkan error yang ada di sistem operasi yang berakhir pada ‘kematian’ sistem tersebut. 
     Jenis serangan DoS
    • Serangan Bandwidth : Serangan DDoS ini akan meng-overload target dengan sejumlah besar data sampah. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya sumber daya bandwidth jaringan dan dapat menyebabkan penolakan lengkap dari layanan.
    • Serangan aplikasi : pesan data aplikas i- layer dapat menguras sumber daya di lapisan aplikasi, yang akan meninggalkan layanan sistem target menjadi tidak tersedia
    • Serangan lalu lintas (Traffic attack) : serangan yang membanjiri lalu lintas jaringan dengan mengirim volume besar TCP, UDP dan paket ICPM ke target.


    DDoS attack hampir sama dengan DoS. Serangan DDoS dijalankan menggunakan metode komputer yang ter-distribusi yang sering disebut dengan 'botnet', atau biasa juga dikenali dengan komputer "zombie". Proses nya dengan cara menginfeksi komputer lain dengan malware yang memberikan akses bagi botnet owner kepada komputer yang terinfeksi. Server yang diserang akan lumpuh sangat cepat karena beberapa koneksi digunakan untuk melawan satu server.  
     
    DDOS attack bisa dikatakan hal yang sederhana tetapi dampaknya bisa sangat kritis dan sangat merepotkan admin jaringan dalam melakukan perbaikan.
     
    Sekian info dari Catatan TKJ mengenai DDoS Attack. Semoga bermanfaat bagi Bangsa dan Negara

     
     

    Thanks for reading & sharing Catatan TKJ

    Newest
    You are reading the newest post

    1 komentar:

    Berkomentarlah dengan komentar yang bermanfaat