Home » , » Karakteristik dan jenis-jenis sistem operasi, calon hacker harus tau!!

Karakteristik dan jenis-jenis sistem operasi, calon hacker harus tau!!

Posted by Catatan TKJ on Rabu, 08 Maret 2017

sistem opetasi jaringan

Baca juga : Apa itu sistem operasi? fungsi dan jenisnya? Cek di sini! 

 
SISTEM OPERASI JARINGAN
  Suatu sistem yang mengatur semua fungsi dalam sebuah jaringan .

Sistem operasi jaringan memiliki kakrakteristik sebagai berikut:

- Mendukung penggunaan oleh lebih dari satu user

- Menjalankan aplikasi yang mampu digunakan oleh lebih dari satu user

- Stabil  (robust),  dimana  kecil  kemungkinan  untuk  terdapat  error  pada  program.
   Robustness adalah istilah untuk menunjukkan kemampuan suatu sistem komputer                menangani masalah yang terjadi selama digunakan oleh user.
- Memiliki tingkat keamanan data yang lebih tinggi dari sistem operasi desktop.
sistem opetasi jaringan


Sistem operasi jaringan yang banyak digunakan saat ini :

-UNIX/Linux 
    ini merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan sebagai server saat ini,  contoh sistem operasi jaringan dengan linux diantaranya adalah Red Hat, Caldera, SuSE,  Debian, Fedora, Ubuntu dan Slackware.

-Novell  Netware,  di  tahun  1980-an   
    ini  merupakan  sistem  operasi  pertama  yang memenuhi semua persyaratan untuk  membangun sebuah jaringan komputer lokal.

-Microsoft Windows
    masih dari perusahaan yang sama, Microsoft juga mengeluarkan Windows Server  sebagai sistem operasi jaringannya, mulai dari versi awalnya adalah Windows Server 2000,  hingga yang terakhir Windows Server 2012.

Jenis jenis Sistem Operasi :

  1 .Sistem Operasi Close Source (Proprietari) Sistem operasi proprietari merupakan sistem       operasi yang dikembangkan secara internal oleh seseorang, perkumpulan ataupun               perusahaan. Sistem operasi yang tergolong proprietari ini adalah Windows dan Mac Os.


  2.Sistem Operasi Open Source (Terbuka) Sistem Operasi Terbuka merupakan sistem              operasi yang kode programnya dibuka untuk umum sehingga dapat dikembangkan oleh        yang lainnya. Sistem operasi yang termasuk terbuka adalah UNIX, Linux dan                        turunannya. Linux sendiri memiliki banyak varian, seperti Debian, Slackware, Redhat            dan SuSE. Varian ini lebih dikenal dengan nama distro. 

     Di awal pengembangan sistem operasi hanya ada beberapa saja. Namun, saat ini telah ada sangat banyak yang beredar. Berikut ini ditampilkan grafik perkembangan sistem operasi UNIX beserta turunannya dari tahun ke tahun.
Dan dapat diketahui bahwa dua sistem operasi populer saat ini, yakni Linux dan Mac Os merupakan turunan dari sistem operasi UNIX. Sampai saat ini sistem operasi UNIX tetap terus berkembang menelurkan generasi-generasi baru berikutnya.


Thanks for reading & sharing Catatan TKJ

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan komentar yang bermanfaat